Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

Home

Vie's Blog

is created just for sharing because sharing is caring



Segala puji bagi Allah SWT, shalawat serta salam selalu tercurah untuk kekasih-Nya.


Blog ini Q persembahkan untuk;

Abi & Ummi yang telah membesarkan-Q,

Asatidz-Asatidzah-Q,

Segenap Guru Besar & Dosen-Q,

TK Darul Ulum Ngembal Rejo Bae Kudus,

TPQ Al-Ma’roef Kudus,

Madrasah Diniyah Mawa’idhus Shibyan Golantepus Mejobo Kudus,

MI Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Bae Kudus,

MTs NU Mu'allimat Kudus,

MA NU Mu'allimat Kudus,

UIN Walisongo Semarang,

Teman-Teman yang Telah Mewarnai Hidup-Q.


Semoga Bermanfaat bagi Agama, Nusa, dan Bangsa, Amin...

About Me

Nama : Rofiqo Rahmawati TTL : Kudus, 23 Agustus 1991 Alamat : Kudus, Jawa Tengah, Indonesia Pendidikan :
  • MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus (2003)
  • MTs. NU Mu'allimat Kudus (2006)
  • MA NU Mu'allimat Kudus (2009)
  • S1 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang >> Pendidikan Matematika (2009-sekarang)
Pengalaman Organisasi :
  • Ketua OSIS MTs. NU Mu'allimat Kudus (2004/2005)
  • Ketua OSIS MA NU Mu'allimat Kudus (2007/2008)
  • Crew Redaksi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang 2009-sekarang
  • Departemen Pers/Jurnalistik HIMATIKA Walisongo Semarang (2010-sekarang)
  • Departemen Pers/Jurnalistik Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Tengah (2011-sekarang)
Prestasi :
  • Harapan II Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2005 tingkat SMP/MTS oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Juara III Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2008 tingkat SMA/MA/SMK oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Nominator LKTI BCB Generasi Muda Se-Jateng 2011 oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
  • Pemenang Penelitian Kompetitif Kehidupan Keagamaan Puslitbang Kehidupan Keagamaan Tahun 2011 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia tingkat mahasiswa/dosen/peneliti/praktisi
  • Pemenang Program Penelitian Inovasi Mahasiswa Tahun 2012 Kementerian Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Kontak :

Blog

25 Feb 2012

PROGRAM TAHUNAN (PROTA)

Program tahunan (Prota) merupakan program pembelajaran yang memberikan gambaran perencanaan penyajian Kompetensi Dasar (KD) untuk suatu mata pelajaran (mapel) tertentu dan di kelas tertentu serta pada jenjang dan satuan pendidikan tertentu dengan alokasi waktu yang sudah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif selama satu tahun. Misalnya, prota untuk mata pelajaran Matematika di Kelas XI Madrasah Aliyah (MA) x.

Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yaitu program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Setidaknya, dalam menyusun Prota, komponen yang harus ada adalah:
  1. identitas, berisi satuan pendidikan, mata pelajaran, kurikulum, kelas/program, dan tahun pelajaran.
  2. tabel isian, berisi semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, dan alokasi waktu. 

Berdasarkan Panduan Teknis Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah (Dokumen Pendukung) milik Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia 2010, diuraikan langkah-langkah penyusunan prota sebagaimana berikut:
  1. menentukan jumlah minggu dalam 1 tahun……………………………………………(a)
  2. menentukan jumlah minggu yang tidak efektif dalam 1 tahun ……………... ………....(b) (a)-(b)…………………………………………………………………………........(c)      Catatan: Minggu efektif tiap sekolah/ madrasah diatur sendiri asalkan dalam satu tahun tidak kurang dari 34 minggu dan tidak lebih dari 38 minggu.
  3. menentukan minggu efektif dalam 1 tahun, dengan cara
  4. menentukan jumlah jam pelajaran efektif untuk tiap mapel dalam 1 tahun, dengan cara
    (c) x alokasi jam pelajaran (lihat struktur kurikulum) = … jam efektif  mapel.
  5. mengatur alokasi waktu jam efektif dua semester (satu tahun) untuk pembelajaran dan ulangan.
  6. membagi jam efektif untuk ulangan.
  7. membagi waktu jam pelajaran efektif untuk semua kompetensi dasar sesuai dengan karakterisrik/cakupan KD yang telah ditentukan dalam pemetaan.
  8. menuliskan KD sesuai dengan urutan KD dalam pemetaan beserta waktu yang dialokasikan dalam pemetaan tersebut.  Misalnya, untuk mapel Matematika di kelas XI MA x, jumlah alokasi waktu pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif Matematika di kelas XI yang ada di MA tersebut, yaitu jumlah pekan efektif satu tahun x alokasi waktu Matematika di struktur kurikulum MA (4 jam). Misalnya, minggu efektif semester 1 yang ada di madrasah 17 dan semester 2 juga 17.  Jam efektif Matematika satu semester sejumlah 17 x 4 = 68 jam. Berarti, satu tahun madrasah memiliki 136 jam efektif untuk mapel Matematika. Alokasi waktu sejumlah 68 jam per semester tersebut diatur untuk pembelajaran semua KD yang ada pada satu semester dan untuk ulangan harian. Alokasi tiap KD tergantung karakteristik/ cakupan KD.

Nampak bahwa penentuan minggu efektif yang telah dirumuskan dalam langkah-langkah penyusunan prota di atas, (langkah 3), masih menghasilkan minggu efektif secara global untuk semua mapel, belum minggu efektif khusus untuk mapel yang hendak dibuatkan protanya tersebut. Sehingga, jika ada mapel lain yang hendak menggunakan minggu efektif tersebut, bisa saja. Padahal, minggu efektif untuk suatu mapel tentu berbeda dengan mapel lainnya, meskipun terkadang sama tapi tidak selamanya sama, tergantung hari yang telah dijadualkan oleh satuan pendidikan tertentu untuk masing-masing mapel tersebut.

Oleh karena itu, menurut hemat penulis, langkah yang efektif dalam penyusunan prota terlebih dahulu adalah (1) Melihat alokasi jam pelajaran per minggu untuk mapel yang hendak dibuat protanya berdasarkan kurikulum yang berlaku dalam satuan pendidikan yang bersangkutan dan (2) Meninjau hari yang telah dijadualkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan untuk mapel tersebut. Hal ini dilakukan mengingat pada prakteknya, tidak menutup kemungkinan jika jumlah minggu efektif untuk suatu mapel berbeda dengan mapel lainnya, tergantung hari yang telah dijadualkan untuk mapel yang hendak dibuatkan protanya tersebut. Setelah itu, baru kemudian (3) Menentukan jumlah minggu efektif per semester, yaitu gasal dan genap, dengan melihat kalender pendidikan (kaldik)[1] dan disesuaikan dengan hari yang telah dijadualkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan untuk mapel yang hendak dibuatkan protanya tersebut. Tentu, jumlah minggu efektif untuk semester gasal akan berbeda dengan jumlah minggu efektif untuk semester genap. Jumlah minggu efektif satu tahun didapat dengan cara penambahan jumlah minggu efektif semester gasal dengan jumlah minggu efektif semester genap. Selanjutnya, (4) Menentukan alokasi jam pelajaran efektif per semester, yaitu gasal dan genap, yang diperoleh dari hasil perkalian jumlah minggu efektif {langkah(3)} dengan alokasi jam pelajaran per minggu untuk mapel yang hendak dibuatkan protanya tersebut berdasarkan kurikulum yang berlaku dalam satuan pendidikan yang bersangkutan {langkah(1)}. Alokasi jam pelajaran ini untuk pembelajaran dan ulangan yang ada dalam semester tersebut. Alokasi jam pelajaran efektif satu tahun didapat dengan cara penambahan jam pelajaran efektif semester gasal dengan jam pelajaran efektif semester genap. Kemudian, (5) Menentukan alokasi jam pelajaran untuk masing-masing ulangan harian[2] yang ada dalam semester yang bersangkutan. Selanjutnya, (6) Menentukan alokasi jam pelajaran untuk masing-masing KD dengan membagi hasil dari pengurangan langkah (4) terhadap jumlahan langkah (5) sesuai dengan semester yang bersangkutan. Tentu, antara KD satu dengan yang lainnya tidak memiliki alokasi waktu yang sama, tergantung karakteristik/ cakupan KD. Meskipun demikian, dapat diketahui alokasi rata-rata jam pelajaran untuk masing-masing KD dalam suatu semester dengan cara:

Terakhir, (7) menuliskan KD sesuai dengan urutan KD dalam pemetaan beserta waktu yang dialokasikan dalam pemetaan tersebut.

Oleh karena itu, sekiranya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu oleh pendidik yang hendak menyusun prota yaitu:
  1. Pemahaman struktur kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan yang ditempatinya. Hal ini penting untuk mengetahui alokasi jam pelajaran untuk satu pekan.
  2. Peninjauan hari yang dijadualkan untuk mapel yang bersangkutan.
  3. Kaldik
  4. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, berikut Kompetensi Dasarnya.

    Berikut format prota secara global


Referensi:

Panduan Teknis Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah (Dokumen Pendukung).Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia 2010.

Peraturan Menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional Nomor 20 tahun 2007 Tanggal 11 Juni 2007 Standar penilaian pendidikan.

[1] Kaldik untuk jenjang pendidikan dasar dapat ditetapkan oleh Bupati/walikota, untuk jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus dapat ditentukan oleh Gubernur.  Disamping itu, kaldik untuk Satuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah kejuruan (MAK) dapat ditetapkan oleh Menteri Agama. Lihat: pasal 3 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

[2] Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih. Lihat lampiran Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional Nomor 20 tahun 2007 Tanggal 11 Juni 2007 Standar Penilaian Pendidikan poin A.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dunk !!!

My Papers

Paper-Paper S1
No
Kategori
Judul
Preview
Download
1
Bahasa Indonesia
Fitur Istilah Matematika
Click here
Analisis Skripsi Matematika
Click here
Revitalisasi Pengajaran Matematika Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Click here
Analisis Tempo:Bukan ‘Bahasa Koran’
Click here
2
Ulumul Qur’an
Ilmu Muhkam dan Mutasyabih
Click here
3
Ulumul Hadis
Hadis Shahih dan Hadis Hasan
Click here
4
Tauhid
Sekte Khawarij
Click here
5
Tasawuf
Geliat Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah dalam Kehidupan Tasawuf di Kudus
Click here
6
Sejarah Peradaban Islam
Masa Keemasan Islam di Spanyol
Click here
7
Telaah Kurikulum Matematika SMP
RPP SK 3 KD 3.1 SMP 2010
Click here
8
Ilmu Pendidikan
Inovasi Pendidikan
Click here
9
Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Click here
Click here
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (PPT)
Click here
10
Ilmu Budaya Jawa
Interpretasi Nilai-Nilai Ekonomi dalam Tradisi Slametan
Click here
Click here
11
Ushul Fikih
Perkembangan Ijtihad Masa Awal Islam
Click here
12
Pemrograman Komputer 1
Program untuk mengkonversi dari jam ke menit
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari jam ke detik
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari detik ke jam
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari inchi ke centimeter
Click here
Click here
Program untuk mencari luas segitiga
Click here
Click here
13
Statistik Dasar
Membuat Data Distribusi Frekuensi
Click here
 
Mean, Median, Modus
Click here




::Vie's Blog:: Design by Insight © 2009

Selamat Datang di Vie's Blog

Selamat datang di blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan di blog saya ini. Terima kasih telah berkunjung, apabila berkenan silakan berkomentar, atau pun langsung menghubungi jejaring sosial saya, mari kita saling berbagi ilmu ...

Sekilas tentang Penulis

Nama saya Rofiqo Rahmawati, saya Mahasiswi S1 Pendidikan Matematika di UIN Walisongo Semarang.

My Networks

Vie