Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

Home

Vie's Blog

is created just for sharing because sharing is caring



Segala puji bagi Allah SWT, shalawat serta salam selalu tercurah untuk kekasih-Nya.


Blog ini Q persembahkan untuk;

Abi & Ummi yang telah membesarkan-Q,

Asatidz-Asatidzah-Q,

Segenap Guru Besar & Dosen-Q,

TK Darul Ulum Ngembal Rejo Bae Kudus,

TPQ Al-Ma’roef Kudus,

Madrasah Diniyah Mawa’idhus Shibyan Golantepus Mejobo Kudus,

MI Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Bae Kudus,

MTs NU Mu'allimat Kudus,

MA NU Mu'allimat Kudus,

UIN Walisongo Semarang,

Teman-Teman yang Telah Mewarnai Hidup-Q.


Semoga Bermanfaat bagi Agama, Nusa, dan Bangsa, Amin...

About Me

Nama : Rofiqo Rahmawati TTL : Kudus, 23 Agustus 1991 Alamat : Kudus, Jawa Tengah, Indonesia Pendidikan :
  • MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus (2003)
  • MTs. NU Mu'allimat Kudus (2006)
  • MA NU Mu'allimat Kudus (2009)
  • S1 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang >> Pendidikan Matematika (2009-sekarang)
Pengalaman Organisasi :
  • Ketua OSIS MTs. NU Mu'allimat Kudus (2004/2005)
  • Ketua OSIS MA NU Mu'allimat Kudus (2007/2008)
  • Crew Redaksi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang 2009-sekarang
  • Departemen Pers/Jurnalistik HIMATIKA Walisongo Semarang (2010-sekarang)
  • Departemen Pers/Jurnalistik Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Tengah (2011-sekarang)
Prestasi :
  • Harapan II Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2005 tingkat SMP/MTS oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Juara III Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2008 tingkat SMA/MA/SMK oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Nominator LKTI BCB Generasi Muda Se-Jateng 2011 oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
  • Pemenang Penelitian Kompetitif Kehidupan Keagamaan Puslitbang Kehidupan Keagamaan Tahun 2011 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia tingkat mahasiswa/dosen/peneliti/praktisi
  • Pemenang Program Penelitian Inovasi Mahasiswa Tahun 2012 Kementerian Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Kontak :

Blog

27 Feb 2012

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)


PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

1.      Pengertian
Kriteria Ketuntasan Minimal adalah tingkat pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran oleh peserta didik per mata pelajaran.

2.      Rambu-rambu
a.       Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0-100
b.      Nilai KKM maksimum adalah 100
c.       Sekolah dapat menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal dibawah 100, namun Sekolah harus merencanakan target dalam waktu tertentu untuk mencapai nilai maksimum
d.      Nilai KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran untuk setiap mata pelajaran dan dievaluasi ketercapaiannya pada setiap semester
e.       Penetapan KKM dilakukan oleh forum guru baik yang berada dilingkungan Sekolah yang bersangkutan maupun dengan Sekolah/sekolah lain yang terdekat (yang telah melaksanakan KTSP) atau forum KKG/MGMP setempat
f.       Penetapan nilai KKM dilakukan melalui analisis ketuntasan belajar minimum pada setiap Kompetensi Dasar (KD)
g.      Penetapan nilai KKM setiap KD dimaksud, dilakukan melalui analisis Indikator Pencapaian (IP) pada KD yang terkait
h.      Nilai KKM setiap KD merupakan rata-rata nilai setiap indikator
i.        Setiap KD dan IP dimungkinkan adanya perbedaan nilai KKM, dan penetapannya memperhatikan:
1)        Tingkat Esensial (kepentingan) setiap IP terhadap KD dan KD terhadap standar kompetensi yang harus dicapai oleh setiap peserta didik pada setiap semester/ tahun pelajaran.
2)        Tingkat kompleksitas (kesulitan dan kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh peserta didik.
3)        Kemampuan sumberdaya pendukung dalarn penyelenggara-an pembelajaran pada masing-masing Sekolah
4)        Tingkat kemampuan (intake) rata-rata peserta didik pada Sekolah yang bersangkutan.
Dari keempat unsur tersebut minimal Sekolah mengambil tiga yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake.
a.       Nilai KKM tersebut dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik (LHBS/Raport) dan harus diinformasikan kepada seluruh warga Sekolah dan orang tua peserta didik.
b.       Penetapan KKM dapat dilaksanakan dengan menggunakan Format sebagai berikut (contoh 4 unsur):
Mata Pelajaran            :
Kelas                           :
Standar Kompetensi   :
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Pentapan Ketuntasan
KKM
Essensial
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake









3.      Kriteria penetapan KKM
a.       Esensial
Sangat Esensial, karena berfungsi sebagai indikator kunci yang:
1)      Bermakna dan bermanfaat untuk pencapaian kompe­tensi indikator/KD/SK selanjutnya (berkelanjutan)
2)      Bermakna dan bermanfaat untuk pembentukan kecakapan hidup (life Skills) siswa
Cukup Esensial, karena berfungsi sebagai indikator pendukung yang dapat melengkapi:
1)      Pencapaian kompetensi selanjutnya
2)      Pembentukan kecakapan hidup (life skills) siswa
3)      Merupakan indikator kelanjutan, sebagai indikator pelengkap
b.      Kompleksitas indikator
Kesulitan dan kerumitan setiap indikator pencapaian/kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik.
Tingkat kompleksitas tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut:
1)      SDM yang memahami kompetensi yang harus dicapai peserta didik
2)      SDM yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran.
3)      Waktu yang cukup lama karena perlu pengulangan
4)      Penalaran dan kecermatan peserta didik yang tinggi.
c.       Daya pendukung
Yaitu tenaga, sarana dan prasarana pendidikan, biaya, manajemen, komite Sekolah dan stakeholders Sekolah
d.      Intake peserta didik
Intake merupakan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik yang meliputi Hasil Seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB), Rapor kelas terakhir dari tahun sebelumnya, tes seleksi masuk atau psikotes dan nilai ujian nasional bagi jenjang SMP dan SMA.

4.      Menafsirkan KKM
a.       Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan:
1)      Esensial           : Tinggi (3), Sedang (2), dan Rendah (1)
2)      Kompleksitas : Tinggi (1), Sedang (2), dan Rendah (3)
3)      Daya Dukung : Tinggi (3), Sedang (2), dan Rendah (1)
4)      Intake              : Tinggi (3), Sedang (2), dan Rendah (1)
Jika indikator memiliki kriteria: Esensial tinggi (3), kompleksitas tinggi (1), daya dukung tinggi (3) dan intake sedang (2) maka KKM :
(3 + 1 + 3 + 2) x 100 = 75
12
b.      Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
1)      Esensial           : Tinggi (81-100), Sedang (65-80), dan Rendah (50-64)
2)      Kompleksitas : rendah (81-100), Sedang (65-80), dan tinggi (50-64)
3)      Daya dukung : Tinggi (81-100), Sedang (65-80), dan Rendah (50-64)
4)      Intake              : Tinggi (81-100), Sedang (65-80), dan Rendah (50-64)
Jika indikator memiliki kriteria esensial tinggi (90), kompleksitas sedang (70), daya dukung tinggi (90) dan intake sedang (70) maka KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang kita tentukan.
Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan dalam forum KKG/MGMP.
c.       Dengan memberikan pertimbangan profesional judgement pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai:
1)      Esensial           : Tinggi, Sedang, dan Rendah
2)      Kompleksitas : Tinggi, Sedang, dan Rendah
3)      Daya dukung : Tinggi, Sedang, dan Rendah
4)      Intake              : Tinggi, Sedang, dan Rendah
Jika indikator memiliki kriteria: esensial tinggi, kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang, maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 - 80.

5.      Analisis Pencapaian Kriteria Ketuntasan Belajar Peserta Didik
a.       Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan analisis rata-rata hasil pencapaian peserta didik terhadap Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah dketapkan pada setiap mata pelajaran.
b.      Melalui analisis dimaksud, diharapkan akan diperoleh data tentang :
1.      KD, yang dapat dicapai oleh 75% -100% dari jumlah peserta didik
2.      KD, yang dapat dicapai oleh 50% -74% dari jumlah peserta didik.
3.      KD, yang hanya dapat dicapai oleh  49% dari jumlah peserta didik.
c.       Manfaat hasil analisis: sebagai dasar untuk meningkatkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap semester atau tahun berikutnya dalam rangka mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
d.      Mekanisme pelaksanaan analisa pencapaian standar ketuntasan belajar
1.      Analisis Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar dilakukan berdasarkan hasil pengolahan data perolehan nilai setiap peserta didik. per mata pelajaran saat yang bersangkutan mengikuti pelajaran.
2.      Hasil pengkajian dimaksud, selanjutnya dianalisis dan direkap.


0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dunk !!!

My Papers

Paper-Paper S1
No
Kategori
Judul
Preview
Download
1
Bahasa Indonesia
Fitur Istilah Matematika
Click here
Analisis Skripsi Matematika
Click here
Revitalisasi Pengajaran Matematika Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Click here
Analisis Tempo:Bukan ‘Bahasa Koran’
Click here
2
Ulumul Qur’an
Ilmu Muhkam dan Mutasyabih
Click here
3
Ulumul Hadis
Hadis Shahih dan Hadis Hasan
Click here
4
Tauhid
Sekte Khawarij
Click here
5
Tasawuf
Geliat Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah dalam Kehidupan Tasawuf di Kudus
Click here
6
Sejarah Peradaban Islam
Masa Keemasan Islam di Spanyol
Click here
7
Telaah Kurikulum Matematika SMP
RPP SK 3 KD 3.1 SMP 2010
Click here
8
Ilmu Pendidikan
Inovasi Pendidikan
Click here
9
Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Click here
Click here
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (PPT)
Click here
10
Ilmu Budaya Jawa
Interpretasi Nilai-Nilai Ekonomi dalam Tradisi Slametan
Click here
Click here
11
Ushul Fikih
Perkembangan Ijtihad Masa Awal Islam
Click here
12
Pemrograman Komputer 1
Program untuk mengkonversi dari jam ke menit
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari jam ke detik
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari detik ke jam
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari inchi ke centimeter
Click here
Click here
Program untuk mencari luas segitiga
Click here
Click here
13
Statistik Dasar
Membuat Data Distribusi Frekuensi
Click here
 
Mean, Median, Modus
Click here




::Vie's Blog:: Design by Insight © 2009

Selamat Datang di Vie's Blog

Selamat datang di blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan di blog saya ini. Terima kasih telah berkunjung, apabila berkenan silakan berkomentar, atau pun langsung menghubungi jejaring sosial saya, mari kita saling berbagi ilmu ...

Sekilas tentang Penulis

Nama saya Rofiqo Rahmawati, saya Mahasiswi S1 Pendidikan Matematika di UIN Walisongo Semarang.

My Networks

Vie