Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

Home

Vie's Blog

is created just for sharing because sharing is caring



Segala puji bagi Allah SWT, shalawat serta salam selalu tercurah untuk kekasih-Nya.


Blog ini Q persembahkan untuk;

Abi & Ummi yang telah membesarkan-Q,

Asatidz-Asatidzah-Q,

Segenap Guru Besar & Dosen-Q,

TK Darul Ulum Ngembal Rejo Bae Kudus,

TPQ Al-Ma’roef Kudus,

Madrasah Diniyah Mawa’idhus Shibyan Golantepus Mejobo Kudus,

MI Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Bae Kudus,

MTs NU Mu'allimat Kudus,

MA NU Mu'allimat Kudus,

UIN Walisongo Semarang,

Teman-Teman yang Telah Mewarnai Hidup-Q.


Semoga Bermanfaat bagi Agama, Nusa, dan Bangsa, Amin...

About Me

Nama : Rofiqo Rahmawati TTL : Kudus, 23 Agustus 1991 Alamat : Kudus, Jawa Tengah, Indonesia Pendidikan :
  • MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus (2003)
  • MTs. NU Mu'allimat Kudus (2006)
  • MA NU Mu'allimat Kudus (2009)
  • S1 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang >> Pendidikan Matematika (2009-sekarang)
Pengalaman Organisasi :
  • Ketua OSIS MTs. NU Mu'allimat Kudus (2004/2005)
  • Ketua OSIS MA NU Mu'allimat Kudus (2007/2008)
  • Crew Redaksi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang 2009-sekarang
  • Departemen Pers/Jurnalistik HIMATIKA Walisongo Semarang (2010-sekarang)
  • Departemen Pers/Jurnalistik Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Tengah (2011-sekarang)
Prestasi :
  • Harapan II Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2005 tingkat SMP/MTS oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Juara III Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2008 tingkat SMA/MA/SMK oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Nominator LKTI BCB Generasi Muda Se-Jateng 2011 oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
  • Pemenang Penelitian Kompetitif Kehidupan Keagamaan Puslitbang Kehidupan Keagamaan Tahun 2011 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia tingkat mahasiswa/dosen/peneliti/praktisi
  • Pemenang Program Penelitian Inovasi Mahasiswa Tahun 2012 Kementerian Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Kontak :

Blog

3 Jun 2011

Fasilitas Google untuk Membuat Naskah Matematika Secara Online

Google memberikan fasilitas untuk membuat dan menyimpan file dokumen secara online. File-file dokumen tersebut bisa berbentuk dokumen teks (word processor), presentasi, lembar kerja (spreadsheet), dan file PDF. Selain itu, file-file berbentuk gambar dan video juga bisa disimpan. Khusus untuk file PDF dan yang berbentuk gambar, Google menyediakan fasilitas untuk mengubahnya menjadi file berbentuk naskah sehingga bisa diedit kembali tulisannya. Proses pengubahan ini biasa disebut dengan OCR (Optical Character Recognition) yang akan mengenali pola-pola berbentuk karakter huruf dan mengubahnya menjadi teks. Untuk file-file yang diunggah (upload) dengan format dokumen teks, presentasi, dan lembar kerja yang ingin diolah lebih lanjut, Google menyediakan fitur untuk mengubahnya dalam format yang dikenal oleh Google.

Selain menyimpan file dengan cara mengunggah (upload) file yang sudah jadi ke internet. Google juga menyediakan fasilitas membuat dokumen-dokumen seperti file teks, presentasi, lembar kerja, dan gambar berbentuk vektor (drawing) secara online. Dokumen yang kita buat dapat kita share (digunakan bersama) kepada pengguna lain sehingga pengguna yang kita beri hak dapat mengedit dokumen tersebut secara bersamaan. File yang telah kita simpan di internet itu, jika kita butuh dapat kita buka dan olah kembali di manapun Anda berada dan menggunakan komputer apapun. Asalkan ada akses internet di dari komputer yang kita pakai.

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, Anda harus mempunyai account di Google yang akan digunakan untuk masuk (login) ke Google. Setelah masuk, cari tautan (link) dengan nama Documents. Jika Documents tidak terlihat di tautan di bagian atas laman Google, cobalah cari di bagian more (untuk Google berbahasa Inggris/google.com) atau selengkapnya (untuk Google berbahasa Indonesia/google.co.id). Anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut (contoh ini tampilan berbahasa Indonesia):
 

Untuk memulai menulis dokumen teks secara online, klik Buat Baru dan pilih Document. Anda akan mendapatkan tampilan jendela seperti ini.

Fasilitas yang dimiliki Google docs untuk menulis dokumen berbentuk naskah termasuk cukup lengkap dan hampir sama dengan program aplikasi pengolah kata profesional seperti Microsoft Word, OpenOffice dan sebagainya. Bahkan untuk menulis naskah matematika Google docs juga telah menyediakan fasilitas untuk membuat persamaan atau rumus matematika dan menggambar objek-objek matematika. Sebagai contoh rumus di bawah ini
dibuat mengunakan fasilitas insert equation di Google Docs. Begitu juga dengan gambar kubus berikut ini digambar menggunakan fasilitas insert Drawing. (Anda dapat melihat beberapa contoh dokumen drawing di tautan ini )
 

A. Menyisipkan Persamaan matematika di Google Docs

Anda dapat dengan mudah menyisipkan persamaan matematika ke dokumen, dan berkolaborasi pada sebuah persamaan tunggal sekaligus dengan beberapa orang. Berikut ini langkah-langkah untuk menyisipkan persamaan matematika ke dokumen anda.

1. Klik drop-down menu Insert dan pilih Equation.
 
 2. Pilih simbol matematika yang Anda inginkan dengan menambahkan dari salah satu menu:
      o Huruf Yunani
      o   Operator umum
      o   Operator Perbandingan dan inklusi
      o Operator dengan variabel
      o  Panah

3. Klik simbol yang ingin Anda sertakan, dan tambahkan bilangan atau variabel pengganti dalam kotak. Jika Anda menghapus kotak karena kekeliruan, cukup klik New equation, kemudian pilih opsi dari salah satu menu di atas.

Jika Anda ingin mengedit persamaan sesudahnya, cukup klik persamaan di dalam dokumen dan mengubahnya. Jika Anda tidak melihat toolbar persamaan, klik View dan pilih Show equation toolbar.

Anda dapat menggunakan shortcut untuk memasukkan beberapa simbol dalam persamaan dengan cepat. Jika Anda akrab dengan perintah LaTeX, shortcut yang digunakan oleh equation Google Docs hampir sama.
Sebagai contoh, jika Anda mengetikkan "\alpha" dalam sebuah persamaan diikuti dengan spasi atau tanda kurung, Google Docs akan mengkonversi ketikan Anda menjadi . Anda dapat dengan mudah menambahkan superscripts dan subscript dengan menekan berturut-turut tombol '^' dan '_'.

Berikut ini beberapa symbol yang tersedia di menu:
o Huruf Yunani
 

o Operator umum
o Operator Perbandingan dan inklusi
o Operator dengan variabel
o Panah
 

Walaupun begitu fasilitas yang disediakan untuk membuat persaman matematika di Google docs masih sangat sederhana. Sebagai contoh kita akan sulit untuk membuat matriks menggunakan fasilitas ini. Namun hal ini dapat di atasi dengan menyisipkan suatu gambar yang dihasilkan oleh situs untuk membuat persamaan matematika secara online seperti www.codecogs.com yang merupakan Online LaTeX Equation Editor.

B. Menggambar Objek Matematika di Google Docs

Google Docs menyediakan fasilitas menggambar dalam bentuk fasilitas tersendiri berupa Google Drawing yang akan menjadi dokumen tersediri dan juga kita bisa sisipkan secara langsung dari dokumen-dokumen berupa Insert Drawing.
Untuk menggambar objek matematika di dokumen naskah, berikut ini langkah-langkahnya:
1. Klik drop-down menu Insert dan pilih Drawing.

2. Anda akan mendapatkan jendela drawing yang berisi kanvas untuk tempat menggambar seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.






3. Mulailah menggambar dengan memanfaatkan ikon-ikon yang tersedia pada toolbar
 

Ikon-ikon ini fungsinya mirip dengan ikon-ikon toolbar drawing di Microsoft Word, sehingga jika Anda sudah biasa menggambar di Word, anda akan cepat sekali menguasainya.

Jika Anda telah selesai menggambarnya klik tombol Save & Close maka gambar Anda akan masuk ke dokumen. Untuk mengedit gambar yang ada di dokumen, klik gambar tersebut dan akan muncul tautan di bawah gambar tersebut yang berupa dan pilih Edit.
Berikut ini sedikit penjelasan mengenai fungsi beberapa ikon di toolbar. 
pointer : digunakan untuk memilih objek. 

Shape : digunakan untuk menggambar bentuk yang sudah disediakan. Gambar di samping menunjukkan bentuk-bentuk yang bisa dipilih. Klik salah satu bentuk itu dan drag mouse Anda untuk menggambarnya di kanvas.

Line : digunakan untuk menggambar garis lurus. Klik di kanvas untuk menentukan letak awal garis, dan drag ke ujung yang lain 

Arrow : digunakan untuk menggambar garis dengan anak panah. 

Curve : digunakan untuk menggambar garis lengkung. Klik di kanvas untuk menentukan awal garis dan klik selanjutnya untuk membuat garis lengkungnya. 

Polyline : digunakan untuk menggambar suatu poligon atau membuat garis-garis yang saling berhubungan . Klik di kanvas akan menghasilkan titik suatu garis dan jika kembali ke titik awal akan terbentuk poligon. 

TextBox : digunakan untuk memberi label atau menuliskan teks di kanvas. Klik di mana akan meletakkan textbox, ketikkan teksnya dan tekan enter. Teks yang Anda ketikkan akan muncul di kanvas. 

Image : digunakan untuk menyisipkan suatu file gambar. Kita bisa menyisipkan file gambar yang berasal dari komputer kita dengan cara mengunggahnya ke Google atau memberikan suatu alamat di internet (URL) dari gambar yang ingin kita sisipkan. ikon-ikon ini akan aktif jika kita telah memilih suatu objek di kanvas. 

Masing-masing ikon tersebut berturut-turut adalah Fill Color, Line Color, Line Width, dan Line Style. Fill Color digunakan untuk mengubah warna isian dari suatu objek. Line Color untuk mengubah warna garis suatu objek. Line Width digunakan untuk mengubah ketebalan garis suatu objek. Yang terakhir adalah Line Style, digunakan untuk mengubah ragam bentuk garis dari suatu objek. 

Undo dan Redo : digunakan untuk membatalkan suatu perubahan yang dilakukan terhadap suatu objek atau menerima kembali perubahan yang telah dilakukan. 

Zoom : digunakan untuk membesarkan atau mengecilkan tampilan kanvas di layar.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dunk !!!

My Papers

Paper-Paper S1
No
Kategori
Judul
Preview
Download
1
Bahasa Indonesia
Fitur Istilah Matematika
Click here
Analisis Skripsi Matematika
Click here
Revitalisasi Pengajaran Matematika Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Click here
Analisis Tempo:Bukan ‘Bahasa Koran’
Click here
2
Ulumul Qur’an
Ilmu Muhkam dan Mutasyabih
Click here
3
Ulumul Hadis
Hadis Shahih dan Hadis Hasan
Click here
4
Tauhid
Sekte Khawarij
Click here
5
Tasawuf
Geliat Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah dalam Kehidupan Tasawuf di Kudus
Click here
6
Sejarah Peradaban Islam
Masa Keemasan Islam di Spanyol
Click here
7
Telaah Kurikulum Matematika SMP
RPP SK 3 KD 3.1 SMP 2010
Click here
8
Ilmu Pendidikan
Inovasi Pendidikan
Click here
9
Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Click here
Click here
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (PPT)
Click here
10
Ilmu Budaya Jawa
Interpretasi Nilai-Nilai Ekonomi dalam Tradisi Slametan
Click here
Click here
11
Ushul Fikih
Perkembangan Ijtihad Masa Awal Islam
Click here
12
Pemrograman Komputer 1
Program untuk mengkonversi dari jam ke menit
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari jam ke detik
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari detik ke jam
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari inchi ke centimeter
Click here
Click here
Program untuk mencari luas segitiga
Click here
Click here
13
Statistik Dasar
Membuat Data Distribusi Frekuensi
Click here
 
Mean, Median, Modus
Click here




::Vie's Blog:: Design by Insight © 2009

Selamat Datang di Vie's Blog

Selamat datang di blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan di blog saya ini. Terima kasih telah berkunjung, apabila berkenan silakan berkomentar, atau pun langsung menghubungi jejaring sosial saya, mari kita saling berbagi ilmu ...

Sekilas tentang Penulis

Nama saya Rofiqo Rahmawati, saya Mahasiswi S1 Pendidikan Matematika di UIN Walisongo Semarang.

My Networks

Vie