Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

Home

Vie's Blog

is created just for sharing because sharing is caring



Segala puji bagi Allah SWT, shalawat serta salam selalu tercurah untuk kekasih-Nya.


Blog ini Q persembahkan untuk;

Abi & Ummi yang telah membesarkan-Q,

Asatidz-Asatidzah-Q,

Segenap Guru Besar & Dosen-Q,

TK Darul Ulum Ngembal Rejo Bae Kudus,

TPQ Al-Ma’roef Kudus,

Madrasah Diniyah Mawa’idhus Shibyan Golantepus Mejobo Kudus,

MI Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Bae Kudus,

MTs NU Mu'allimat Kudus,

MA NU Mu'allimat Kudus,

UIN Walisongo Semarang,

Teman-Teman yang Telah Mewarnai Hidup-Q.


Semoga Bermanfaat bagi Agama, Nusa, dan Bangsa, Amin...

About Me

Nama : Rofiqo Rahmawati TTL : Kudus, 23 Agustus 1991 Alamat : Kudus, Jawa Tengah, Indonesia Pendidikan :
  • MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus (2003)
  • MTs. NU Mu'allimat Kudus (2006)
  • MA NU Mu'allimat Kudus (2009)
  • S1 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang >> Pendidikan Matematika (2009-sekarang)
Pengalaman Organisasi :
  • Ketua OSIS MTs. NU Mu'allimat Kudus (2004/2005)
  • Ketua OSIS MA NU Mu'allimat Kudus (2007/2008)
  • Crew Redaksi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang 2009-sekarang
  • Departemen Pers/Jurnalistik HIMATIKA Walisongo Semarang (2010-sekarang)
  • Departemen Pers/Jurnalistik Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Tengah (2011-sekarang)
Prestasi :
  • Harapan II Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2005 tingkat SMP/MTS oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Juara III Siswa Berprestasi Kabupaten Kudus tahun 2008 tingkat SMA/MA/SMK oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus
  • Nominator LKTI BCB Generasi Muda Se-Jateng 2011 oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
  • Pemenang Penelitian Kompetitif Kehidupan Keagamaan Puslitbang Kehidupan Keagamaan Tahun 2011 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia tingkat mahasiswa/dosen/peneliti/praktisi
  • Pemenang Program Penelitian Inovasi Mahasiswa Tahun 2012 Kementerian Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Kontak :

Blog

26 Feb 2011

REVITALISASI PENGAJARAN JARIMATIKA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

0 komentar

Kehadiran jarimatika sebagai teknik hitung cepat memang sudah lama. Setidaknya, pada tahun 2006 teknik tersebut sudah booming di Indonesia. Disebutkan dalam Tempo, 12/3/2006 seorang ibu rumah tangga mengembangkan teknik berhitung dengan jari. Teknik tersebut belakangan dikenal dengan teknik jarimatika. Meskipun sebenarnya, teknik jarimatika telah diperkenalkan sejak tahun 1960 oleh Hendra BC, dan telah dibukukan dengan judul Kuncung dan Bawuk Pintar Berhitung yang diterbitkan oleh CV. Oemar Mansoor.

Jarimatika adalah suatu teknik menghitung matematika dengan menggunakan alat bantu jari. Sekilas, cara berhitung jarimatika ini mirip swipoa alias mental aritmatika. Dalam metode swipoa, anak-anak berhitung dengan menggunakan alat bantu soroban atau swipoa. Alat hitung tradisional Cina kuno atau Jepang itu berupa kotak segiempat berisi manik-manik dengan jumlah tertentu. Manik-manik itu bernilai satuan dan puluhan. Siapa saja yang mempelajarinya dapat menghitung dengan memakai pergerakan biji swipoa dan bisa menghitung cepat. 

Dalam teknik Jarimatika ini, jari jemari tangan tak ubahnya seperti biji swipoa. Sebelum jari digunakan untuk menghitung, terlebih dahulu harus dipahami cara penggunaannya. Jari tangan kanan dipahami sebagai angka satuan, sedangkan jari tangan kiri adalah angka puluhan dan ratusan. Untuk penjumlahan, jari tangan harus dibuka. Jari tangan menutup adalah pengurangan. Khusus untuk perkalian, harus dipahami terlebih dahulu perkalian mulai 1 sampai 5. adi, tidak seperti halnya swipoa atau kumon. 

Teknik jarimatika lebih efektif karena tidak menggunakan alat bantu apapun, kecuali dengan jari. Ada beberapa teknik hitung cepat lainnya, seperti: teknik sempoa, kumon, jari 10, dan menghitung rata-rata. Namun teknik jarimatika membawa angin segar tersendiri bagi dunia kalkulasi karena keunikannya, yaitu tanpa menggunakan alat apapun. Sehingga, ketika metode ini terangkat ke permukaan publik, banyak sekolah yang mulai berduyun-duyun mengajarkan teknik ini. Tidak hanya di tingkatan sekolah dasar, sekolah lanjutan pun juga. Bahkan, promosi-promosi maupun tempat-tempat kursus yang menawarkan pembelajaran teknik ini pun menjamur bak cendawan di musim hujan. 

Namun, seiring dengan perjalananya, teknik jarimatika tak ubahnya seperti hangat-hangat kotoran ayam. Jarimatika hanya booming di eranya saja. Meskipun sekarang masih ada yang menerapkan atau menawarkan pembelajaran jarimatika, namun hal tersebut tidak sebanyak awal diperkenalkannya. Disebutkan dalam Tempo, edisi 12 Maret 2006, bahwa jarimatika sekarang tidak terlalu mulus diterapkan di kelas sebagai metode pembelajaran matematika. Pengajaran jarimatika belum bisa dikompromikan dengan padatnya materi pembelajaran yang ditekan oleh kurikulum. Selain itu, tenaga pengajar untuk teknik ini juga masih terbatas. Sangat memprihatinkan memang jika cahaya jarimatika harus redup di lingkungan pendidikan formal. Padahal, jarimatika membuat anak cepat dan mudah belajar matematika. 

Hendra Bc menyatakan bahwa teknik ini memang bertujuan memberikan berbagai kemudahan untuk membantu para pelajar khususnya, sebagai pembantu dan penunjang kurikulum. Selain itu, matematika adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa berhitung atau mengerjakan soal hitungan menjadi kegiatan dasar yang harus dikuasai dalam matematika. Namun, kegiatan tersebut oleh sebagian besar anak-anak adalah sesuatu hal yang bisa membuat mereka jengkel. Sehingga mereka menganggap bahwa pelajaran matematika menjadi momok yang menakutkan. 

Senada dengan hal itu, sudah menjadi persoalan klasik bahwa sebagian besar peserta didik tidak menyukai pelajaran matematika. Berdasarkan hal-hal di atas, pengajaran jarimatika di sekolah-sekolah formal perlu digalakkan kembali. Salah satu caranya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan kegiatan yang berada di luar program yang berada di bawah kurikulum. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler tersebut maka pengajaran jarimatika tidak akan mengganggu lagi program yang ada di bawah kurikulum. Selain itu, peserta didik pun masih bisa menguasai teknik ini dengan baik. Sehingga, dengan adanya hal tersebut diharapkan akan mempermudah mereka dalam mempelajari matematika. Mereka pun tidak akan lagi menganggap matematika sebagai momok yang menakutkan.
Read more

Menulis Simbol-Simbol Matematika di Blog

0 komentar
Mau nulis simbol-simbol matematika di blog, tapi bingung caranya?
Misal:

Nah, hal itulah yang emang pengen saya bahas dalam postingan kali ini, Guys.
Langsung aja yuk! 

Untuk menuliskan simbol-simbol matematika di blog, sekarang kita tidak perlu lagi susah-susah dalam membuat kode html nya, Guys. Karena, kini sudah tersedia fasilitas online yang tinggal klik sana-klik sini deh.......

Namanya online latex equation editor. Dalam fasilitas ini, ketika kamu menuliskan model matematikanya, kamu akan mendapatkan preview dalam bentuk imagenya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kode html nya. Nah, kode html inilah yang kamu perlukan guna membuat postingan yang berupa simbol matematika itu. Kamu, tinggal copy paste aja deh kode html nya. Okay guys, tinggal dicoba saja ya!

nie, saya kasih deh alamatnya http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php :)
Selamat mencoba......................



Read more

About Me:Filosofi Bunga Teratai dan Kata Agatha

0 komentar
Hey Sob !!!!
Bingung? Mengapa alamat blog ini memakai icon bunga teratai ? (ngomongin apaan sih, gag penting banget deh kayake, gak nyambung ma kajian blog ini!)

Hehe, gak apa sob, hitung-hitung ini sebagai postingan awal ku_sang author blog ini_sudah selayaknya kan kalau aku ngenalin diri? (^_-). (narziz....bukane di profil lengkap n di network udah jelas tuh!)

Yupz, gak salah sob...kalian bisa mengenal aku lebih jauh dengan melihat profil lengkapku dan juga melalui situs-situs yang ada di my network. Kalian bisa mengetahui kegiatan ku secara lebih detail tiap detik.Santai saja aku aktif di facebook kok ......meskipun  jarang di twitter nya, hehe..... yach mungkin itu karena peminat twitter masih sedikit kali ya! sehingga aku lebih sering di fb.....(wkwkwwkwk, masih sedikit peminatnya atau ....... ?????)
Tau tuh, emang kenyataannya gitu kok..... buktinya followers ku masih sedikit.... Makanya dunk sob follow me y?, ntar ku follow balik deh.... (^_-)

Ohya, malah jadi kemana-mana, langsung saja, disini saya hanya akan membahas filosofi Bunga Teratai. Tuh kan? info ini gak ada di profil lengkapku maupun di situs-situs yang ada di my network. Inilah kelebihan postingan blog kali ini !.....wkwkwkwk

Well, Bunga teratai, adalah bunga idamanku. Mengapa? Yach, kita tau sendiri lah bunga itu biasanya hidup di lingkungan yang kotor. Hidupnya di atas air yang tenang tapi kotor, dimana banyak serangga dan sumber penyakit hidup. Daunnya yang besar terapung di atas air dan dijadikan tempat loncatan kodok. Dengan kondisi yang sedemikian kotornya, sudah pasti kan....orang-orang akan menganggapnya sebagai sesuatu yang tak berharga. Sesuatu yang tak pantas untuk diraih?

Namun sob, meskipun begitu bunga teratai mempunyai bunga yang sangat indah dan bersih, bertolak belakang dengan lingkungannya yang kotor.  Dia tampil dengan keindahan bunganya yang sangat menawan bagi yang melihatnya. Yupz,  Dia tetap anggun walaupun lingkungan ingin merusak.
Dia hidup dengan keindahan dan kebersihan yang demikian tanpa dipengaruhi oleh lingkungannya yang kotor. Betapapun kotornya tempat dia hidup, tapi keindahannya tetap terjaga dengan baik. Bahkan, ia lah yang menentukan kualitas lingkungannya. 

Manusia dilahirkan sebagai makhluk dengan keindahan dan kesempurnaan yang akan membawa kebaikan bagi lingkungan dan alam sekitarnya. Keindahan manusia akan terlihat dari seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap dirinya.


Jadi, harapannya, Rofiqo Rahmawati bisa menjadi bunga teratai dengan namanya terataibunga. (^_^)
Read more

My Papers

Paper-Paper S1
No
Kategori
Judul
Preview
Download
1
Bahasa Indonesia
Fitur Istilah Matematika
Click here
Analisis Skripsi Matematika
Click here
Revitalisasi Pengajaran Matematika Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Click here
Analisis Tempo:Bukan ‘Bahasa Koran’
Click here
2
Ulumul Qur’an
Ilmu Muhkam dan Mutasyabih
Click here
3
Ulumul Hadis
Hadis Shahih dan Hadis Hasan
Click here
4
Tauhid
Sekte Khawarij
Click here
5
Tasawuf
Geliat Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah dalam Kehidupan Tasawuf di Kudus
Click here
6
Sejarah Peradaban Islam
Masa Keemasan Islam di Spanyol
Click here
7
Telaah Kurikulum Matematika SMP
RPP SK 3 KD 3.1 SMP 2010
Click here
8
Ilmu Pendidikan
Inovasi Pendidikan
Click here
9
Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Click here
Click here
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (PPT)
Click here
10
Ilmu Budaya Jawa
Interpretasi Nilai-Nilai Ekonomi dalam Tradisi Slametan
Click here
Click here
11
Ushul Fikih
Perkembangan Ijtihad Masa Awal Islam
Click here
12
Pemrograman Komputer 1
Program untuk mengkonversi dari jam ke menit
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari jam ke detik
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari detik ke jam
Click here
Click here
Program untuk mengkonversi dari inchi ke centimeter
Click here
Click here
Program untuk mencari luas segitiga
Click here
Click here
13
Statistik Dasar
Membuat Data Distribusi Frekuensi
Click here
 
Mean, Median, Modus
Click here




::Vie's Blog:: Design by Insight © 2009

Selamat Datang di Vie's Blog

Selamat datang di blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan di blog saya ini. Terima kasih telah berkunjung, apabila berkenan silakan berkomentar, atau pun langsung menghubungi jejaring sosial saya, mari kita saling berbagi ilmu ...

Sekilas tentang Penulis

Nama saya Rofiqo Rahmawati, saya Mahasiswi S1 Pendidikan Matematika di UIN Walisongo Semarang.

My Networks

Vie